Langsung ke konten utama

Contoh Tanda Terima yang Tepat dan Lengkap

Setiap aktivitas perusahaan atau organisasi pasti akan ditemukan yang namanya perpindahan posisi, baik orang, barang, maupun dokumen. Hal tersebut menjadi suatu kewajaran tersendiri, sebab sudah sepatutnya begitu. Namun, dalam pemindahan tersebut harus ada dokumen yang menjadi bukti kuat sebagai bahan arsip dan laporan. Dokumen tersebut ialah tanda terima.

Dikutip dari berbagai macam referensi, tanda terima diartikan sebagai bukti tertulis yang diterima seseorang, nasabah atas suatu transaksi atau penyerahan sejumlah uang maupun barang baik secara tunai atau dengan menggunakan sarana lain; lihat resi (receipt).

Contoh Tanda Terima yang Tepat dan Lengkap

Definisi lain menyebutkan tanda terima merupakan bukti serah terima sebuah barang atau dokumen bahkan juga terkadang digunakan saat terjadi hand over sebuah pekerjaan karena perubahan jabatan.

Secara umum tanda terima cukup penting untuk kebutuhan personal ataupun untuk kegiatan perkantoran, lembaga, dan perusahaan. Dengan adanya tanda terima, maka proses pemindah tanganan menjadi tercatat agar mudah untuk diketahui dalam pelaporannya.

Secara umum tanda terima di buat 2 rangkap yang mana lembar pertama untuk yang menyerahkan barang kemudian lembar kedua untuk yang menerima barang. Maka untuk yang menyerahkan barang tanda terima terebut usahakan jangan sampai hilang. Karena jika sampai dokumen tersebut hilang  bisa jadi Anda yang diminta ganti rugi atau mesti menanggung kerugian lain.

Keberadaan tanda terima sangat bermanfaat untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti barang hilang maupun terjadinya penipuan.

Dengan adanya dokumen tanda terima, keberadaan serta posisi barang akan gampang untuk ditelusuri bila terjadi kehilangan barang, sebab pada tanda terima ada nama yang menerima barang dan tanda tangan, sehingga nama yang tercantum dalam tanda terima tersebutlah yang perlu bertanggung jawab sepenuhnya.

Dan terkhusus untuk karyawan, adanya tanda terima dapat dijadikan sebagai bukti jika kita telah melakukan pekerjaan yang telah diinstruksikan.

Format Tanda Terima yang Benar


Sebaiknya buatlah format standar tanda terima yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti tanda terima barang, dokumen, kerjaan dan sebagainya. Dan untuk menghemat kertas, kita bisa memesan melalui percetakan dengan format yang sudah kita desain.

Nah, lantas bagaimana format tanda terima yang baik untuk penggunaan personal maupun untuk perusahaan? Silakan simak beberapa contohnya di bawah ini.

Contoh di atas dapat Anda tiru sebagaimana mestinya guna kepentingan organisasi yang Anda pimpin. Namun, jika tak ingin repot dalam menulis ulang, silakan bisa Anda download file aslinya dalam bentuk Microsoft Word melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD TANDA TERIMA DOC


Sangat penting untuk diketahu kembali, tanda terima harus ada pada setiap serah terima barang atau apa pun, hal ini guna menghidari beberapa hal yang tidak diinginkan antara yang menyerahkan serta yang menerima barang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

Siapa yang tak kesal jika seisi dompet berupa E-KTP, SIM, STNK, ATM, Kartu BPJS, dan kartu-kartu lainnya jatuh di jalan entah dimana. Pemikiran sama pada tiap orang, tak mengapa uang di dompetnya hilang namun kembalikan isi dompet berupa dokumen penting ke pemiliknya sering terucap ketika kehilangan terjadi. Namun, harapan hanya sekadar harapan tanpa kenyataan. Semua isi dokumen dan dompetnya entah jatuh di belahan bumi yang mana, sampai orang lain pun tak menemukannya. Hingga 3 hari ditungguin pun tak ada tanda-tanda ada yang menemukan pula. Langkah Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah Alhasil setelah pasrah dan ikhlas dengan kehilangan tersebut, saya memutuskan untuk mengurus semua dokumen-dokumen tersebut satu persatu. Nah, terkhusus untuk mengurus E-KTP yang hilang, berikut saya tuliskan langkah-langkah yang pernah saya lakukan sendiri. 1. Mengurus surat kehilangan dari kepolisian Langkah pertama jelas Anda harus meminta surat kehilangan dari kepolisian terdekat dengan lokasi ke

Contoh Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya sebagai Salah Satu Syarat Lomba

Kita tidak pernah tahu apakah karya yang peserta kirimkan adalah murni karyanya atau bukan. Maka, pihak panitia perlu menyertakan surat atau lembar pernyataan orisinalitas karya. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA       Yang bertandatangan di bawah ini, saya: Nama                                        : Maharani Safia Tempat, Tanggal Lahir            : Bukit Tinggi, 12 Desember 2004 Alamat Tempat Tinggal          : Saruaso Timur, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar Sekolah Asal                            : SMP Al Kahfi HP .                                          : 08 123456789 Judul naskah puisi                    : Menabur Harap   Dengan ini saya menyatakan bahwa Naskah Puisi yang saya sertakan dalam Lomba Tulis dan Baca Puisi LPMP Sumatera Utara Agustus 2020 adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, bukan jiplakan karya orang lain dan belum pernah diikutkan dalam segala bentuk perlombaan serta belum pernah dimuat di manapun.   Apabila di kemudian hari ternyata

Cara Mengurus Surat Kehilangan dari Kepolisian dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengurus Surat Kehilangan dari Kepolisian dengan Mudah dan Cepat - Pagi itu dompet kesayangan saya terjatuh di jalan saat berangkat ke tempat kerja. Tahu-tahu saat mencoba ambil dompet yang biasa diletakkan di saku jaket sebelah kiri. Terkejut dan terperangah, bahkan sampai terkaget-kaget. Coba mengingat-ingat kembali, hubungi keluarga di rumah, dan memposting di media sosial pun coba dilakukan. Mudah-mudahan tak terjatuh seperti yang dikhawatirkan atau jika jatuh ada yang baik hati menemukan dan mengembalikan. Namun, setelah beberapa hari saya harus mengikhlaskan. Sepertinya Allah memang sedang ingin mentakdirkan dompet saya hilang. Entah ada dosa apa yang membuat Allah memberikan teguran berupa musibah dompet hilang tersebut. Menyesal, marah, dan emosi jiwa pun sempat terlontar sejenak. Hanya saja, setelah lama berpikir semua itu tak ada gunanya, hanya menambah beban pikiran saja. Akhirnya saya putuskan untuk mengurus semua dokumen yang hilang tersebut. Banyak dokumen penting y