Langsung ke konten utama

Cara Membuat Surat Permohonan Cuti Kuliah Lengkap

Menjadi mahasiswa sama halnya dengan bekerja. Ketika butuh waktu untuk rehat, maka cuti akan diajukan. Begitu pula dalam dunia perkuliahan, istilah cuti kuliah juga ada disana. Hal seperti ini menjadi sesuatu yang wajar dilakukan oleh beberapa mahasiswa. Alasannya tentu saja cukup beragam, sesuai dengan keperluan masing-masing mahasiswa. Nama cuti kuliah sendiri dikenal juga dengan sebutan cuti akademik.
Dengan mengambil cuti kuliah, maka mahasiswa yang bersangkutan tidak menggunakan haknya sebagai seorang mahasiswa untuk ikut dalam kegiatan akademik dengan alasan tertentu. Dengan demikian maka statusnya di kampus tersebut dinonaktifkan sementara, yang berarti yang bersangkutaan bebas dari seluruh kegiatan dikampus termasuk biaya daftar ulang maupun uang semester. Lamanya cuti kuliah biasanya selama 1-2 semester atau tergantung kebijakan tiap kampus.

Mengingat bahwa hal ini merupakan hal yang penting dan formal, maka dalam mengajukannya diperlukan surat resmi yang diajukan kepada pihak yang berwenang di dalam kampus. Untuk mengajukan surat ini maka anda harus melakukan beberapa hal seperti yang ada di bawah ini.

Beberapa hal yang perlu dilakukan saat akan mengajukan surat permohonan cuti kuliah ialah:
  1. Siapkan alasan yang melatarbelakangi anda mengambil cuti kuliah. Berikan alasan yang masuk akal dan dapat mendukung keputusan anda tersebut.
  2. Buat surat keterangan persetujuan dari orang tua atau wali dan diserahkan ke pihak akademik.
  3. Jika surat tersebut sudah diserahkan, maka ikuti prosedur selanjutnya sesuai dengan peraturan kampus yang ada.
Apabila sudah melakukan hal tersebut di atas, maka perhatikan cara atau format penulisan surat permohonan cuti kuliah sebagai bahan acuan dalam pembuatan surat.
  1. Perihal : Permohonan Cuti Kuliah
  2. Penerima surat (kepada siapa surat ditujukan)
  3. Salam Pembuka
  4. Identitas diri (meliputi nama, nim, jurusan, semester kuliah saat ini, tahun akademik, alamat serta nomor kontak person)
  5. Isi pokok surat (permintaan izin cuti kuliah). Dibagian ini juga jelaskan kapan waktu permintaan cuti kuliah tersebut.
  6. Alasan cuti kuliah
  7. Penutup 
  8. Tanda tangan pemohon cuti (kanan), tanda tangan dosen penasehat akademik (kiri). Ada pula yang membubuhkan tanda tangan orang tua / wali yang diletakan di sebelah kiri sedangkan tanda tangan dosen di bagian bawah.
Cara Menulis Surat Permohonan Cuti Kuliah
Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami akan memberikan contoh surat permohonan cuti kuliah. 

Hal : Permohonan Cuti Kuliah

Kepada Yth.
Bapak Rektor
Dr. Saimin, M.Pd.
U.P. Kepala Biro Akademik
Universitas Negeri Padang


Assalamu’alaikum  Warrakhmatullahi Wabarakatuh


Dengan segenap hormat, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                              : Putra Juan Canio 
N I M                              : 112189019
Jurusan/Prodi                  : Ilmu Hukum
Semester                         : VII
Alamat                            : Jl. Palapa V, Padang
No. HP                            : 0812 1121 2382

Bermaksud mengajukan permohonan Cuti Kuliah selama 1 (satu) Semester mulai tanggal 20 Juli 2016 s/d  tanggal 20 Desember 2016. Permohonan cuti kuliah ini saya sampaikan karena akan menjalani pengobatan intensif ke luar kota terkait kecelakaan bulan lalu.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan bukti-bukti pembayaran SPP semester VII Tahun Akademik  2016/2017 dan surat keteranga dokter.

Demikian permohonan cuti kuliah ini saya sampaikan, atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.


Wassalamu’alaikum Warrakhmatullahi Wabarakatuh.

                                                                                                       Padang, 10 Juli 2016
Mengetahui,
Dosen Penasihat Akademik                                                                  Hormat Saya



(Tulis Nama Dosen)                                                                           Putra Juan Canio

Dengan surat di atas diharapkan Anda mampu meyakinkan pihak kampus untuk mengizinkan cuti kuliah Anda. Dan setelah melihat contoh format surat tersebut, diharapkan sudah lebih memahami. Maka, demikian ulasan kami mengenai surat permohonan cuti kuliah yang telah disajikan. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

Siapa yang tak kesal jika seisi dompet berupa E-KTP, SIM, STNK, ATM, Kartu BPJS, dan kartu-kartu lainnya jatuh di jalan entah dimana. Pemikiran sama pada tiap orang, tak mengapa uang di dompetnya hilang namun kembalikan isi dompet berupa dokumen penting ke pemiliknya sering terucap ketika kehilangan terjadi. Namun, harapan hanya sekadar harapan tanpa kenyataan. Semua isi dokumen dan dompetnya entah jatuh di belahan bumi yang mana, sampai orang lain pun tak menemukannya. Hingga 3 hari ditungguin pun tak ada tanda-tanda ada yang menemukan pula. Langkah Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah Alhasil setelah pasrah dan ikhlas dengan kehilangan tersebut, saya memutuskan untuk mengurus semua dokumen-dokumen tersebut satu persatu. Nah, terkhusus untuk mengurus E-KTP yang hilang, berikut saya tuliskan langkah-langkah yang pernah saya lakukan sendiri. 1. Mengurus surat kehilangan dari kepolisian Langkah pertama jelas Anda harus meminta surat kehilangan dari kepolisian terdekat dengan lokasi ke

Contoh Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya sebagai Salah Satu Syarat Lomba

Kita tidak pernah tahu apakah karya yang peserta kirimkan adalah murni karyanya atau bukan. Maka, pihak panitia perlu menyertakan surat atau lembar pernyataan orisinalitas karya. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA       Yang bertandatangan di bawah ini, saya: Nama                                        : Maharani Safia Tempat, Tanggal Lahir            : Bukit Tinggi, 12 Desember 2004 Alamat Tempat Tinggal          : Saruaso Timur, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar Sekolah Asal                            : SMP Al Kahfi HP .                                          : 08 123456789 Judul naskah puisi                    : Menabur Harap   Dengan ini saya menyatakan bahwa Naskah Puisi yang saya sertakan dalam Lomba Tulis dan Baca Puisi LPMP Sumatera Utara Agustus 2020 adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, bukan jiplakan karya orang lain dan belum pernah diikutkan dalam segala bentuk perlombaan serta belum pernah dimuat di manapun.   Apabila di kemudian hari ternyata

Cara Mengurus Sendiri STNK Hilang Tanpa Ribet

Dokumen penting yang melekat pada kendaraan bermotor selain BPKB yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang di terbitkan oleh Pemerintah Daerah bagian Pendapatan dan Perpajakan. Masa berlaku pengesahannya adalah setiap tahun, sedangkan masa berlaku penggantiannya untuk pembaruan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ialah lima tahun sekali. Apabila tidak dibayarkan, maka pengendara dianggap melanggar. STNK menjadi salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor ketika mengendarai di jalan raya. Setiap ada pemeriksaan kepolisian (razia), maka salah satu dokumen yang diminta ialah menunjukkan STNK yang sesuai. Apabila kita tidak dapat menunjukkan, atau masa berlaku STNK habis, atau berbeda nomor, akan dianggap melanggar undang-undang lalu lintas dan dikenakan hukuman berupa denda atau diberi surat tilang. Tentu akan sangat menyita waktu kita jika harus mengurus ke pengadilan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita telah melanggar UU lalu lintas yan