Langsung ke konten utama

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar Agar Cepat Diterima

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Cepat Direspon - Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti mempunyai tempat kerja yang diharapkan. Apalagi dapat bekerja di perusahaan yang diimpikan akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Namun pastinya untuk mendapatkan posisi yang diinginkan akan ada banyak saingan yang siap menjadi batu sandungan.

Dengan kondisi tersebut, agar dapat diterima dan bekerja di perusahaan yang Anda inginkan tentu saja ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh para calon pelamar. Salah satu yang menjadi penting ialah surat lamaran kerja. Dan perlu Anda tahu, banyak perusahaan yang mulai menilai kepribadian dari para pelamar melalui surat lamaran kerja yang dikirimkan. 
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Sebelumnya, saya kasih gambaran secara umum mengenai bagian-bagian yang ada pada surat lamaran kerja. Bagian-bagian ini harus Anda kuasai betul agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan. Adapun surat lamaran kerja yang baik terdapat 3 bagian :

1. Bagian Pembuka

Pada bagian yang pertama ini berisi tulisan yang menjabarkan sumber informasi yang didapatkan oleh para pelamar didapat darimana saja, apakah dari koran atau saudara. Di bagian ini juga cukup baik untuk Anda mengutarakan keinginan hendak memilih posisi yang mana untuk Anda tempati pada perusahaan tersebut.

2. Bagian Isi atau Uraian

Pada bagian isi atau uraian menjelaskan identitas Anda sebagai pelamar mengenai informasi data diri mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, dan kemampuan apa yang Anda miliki. Sebaiknya gunakan pemilihan kata yang tepat sehingga kalimat yang terbentuk cukup jelas, lugas, dan tepat saat menggambarkan bagaimana diri anda memang bisa.

3. Bagian Penutup

Pada bagian penutup ini berisi ungkapan atau harapan Anda untuk dapat segera direspon dan diproses di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga berikan ucapan terima kasih dan rasa hormat Anda kepada pemimpin perusahaan yang Anda kirimkan surat lamarannya.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Cepat Direspon

Setelah memahami bagian-bagian penting di atas, kami berikan beberapa tips atau cara membuat surat lamaran kerja agar cepat direspon oleh perusahaan yang diinginkan. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan saat Anda akan membuat surat lamaran kerja.

1. Gunakan bahasa yang baik dan benar

Tak hanya dalam surat lamaran kerja, surat apapun gunakanlah penulisan bahasa yang baik dan benar dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Sebab surat ini merupakan surat resmi dan formal, jangan pernah gunakan bahasa gaul atau bahasa santai sehari-hari apalagi bahasa alay misalnya "Halo gaes, apa kabs? Baik kan? Gue harap sih masih hidup deh yee...". Selain itu jangan pula menggunakan singkatan-singkatan dalam surat lamaran kerja, tulis saja secara jelas dan benar, jangan seperti contoh "Sy lahir di BDG tgl 4 Mar 1990, sy llusan UI. Sy bisa bhs Inggris scra aktif."

2. Gunakan bahasa dan kalimat yang sopan

Akan jauh lebih baik dan lebih bermakna apabila Anda menunjukkan sikap sopan santun yang Anda miliki dengan surat lamaran pekerjaan yang anda tulis dengan hati-hati. Terlebih lagi jangan ampai Anda menuliskan kalimat yang menimbulkan kesan sombong pada surat yang Anda tulis. Sebab bila Anda melakukannya, maka kepribadian Anda akan tercermin sifat yang sombong dan angkuh, misalnya "Saya memiliki kebiasaan disiplin tinggi, maka saya selalu menggunakan helikopter untuk berngkat ke tempat kerja."

3. Lampirkan semua persyaratan yang diajukan oleh perusahaan

Menulis surat lamaran pekerjaan yang baik juga harus dilengkapi semua persyaratan yang diharuskan oleh perusahaan tersebut. Biasanya berupa fotokopi KTP, fotokopi Ijazah, Surat Pengalaman Kerja, dan lain sebagainya. Jangan sampai ada yang terlewatkan lho ya.

4. Lebih baik bila ditulis tangan secara manual dengan tulisan yang rapi dan bersih

tulis tangan suratWalaupun di era sekarang semuanya serba canggih serta fasilitas komputer yang memadai, namun sampai kini tak sedikit perusahaan yang lebih menyukai bila calon karyawan yang melamar menggunakan tulisan tangan dengan ballpoint dalam surat lamaran kerjanya. Tentunya kerapian dan kebersihan tulisan Anda dalam menulis surat lamaran kerja ada nilainya tersendiri dari perusahaan terkait.

5. Jika ada, lampirkan sertifikat pendukung surat lamaran kerja

Apabila ada sertifikat pendukung akan lebih baik bila anda menyertakan beberapa sertifikat yang akan mendukung surat lamaran kerja yang akan anda ajukan. Karena jika anda memiliki banyak sertifikat yang mendukung suatu posisi jabatan, maka peluang anda untuk direspon dan diterima akan lebih besar.

Beberapa poin di atas hanya sebagai referensi untuk Anda guna menambah pengetahuan dalam membuat surat lamaran kerja yang bagus. Harap menjadi perhatian ketika akan menulis surat lamaran pekerjaan agar cepat diproses dan segera diterima sebagai karyawan di perusahaan. Jika berniat untuk melamar di perushaan multinasional, maka silakan baca terlebih dahulu cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris sebagai rujukan. Silakan bagikan ke sahabat Anda dan semoga bermanfaat, semoga berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

Siapa yang tak kesal jika seisi dompet berupa E-KTP, SIM, STNK, ATM, Kartu BPJS, dan kartu-kartu lainnya jatuh di jalan entah dimana. Pemikiran sama pada tiap orang, tak mengapa uang di dompetnya hilang namun kembalikan isi dompet berupa dokumen penting ke pemiliknya sering terucap ketika kehilangan terjadi. Namun, harapan hanya sekadar harapan tanpa kenyataan. Semua isi dokumen dan dompetnya entah jatuh di belahan bumi yang mana, sampai orang lain pun tak menemukannya. Hingga 3 hari ditungguin pun tak ada tanda-tanda ada yang menemukan pula. Langkah Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah Alhasil setelah pasrah dan ikhlas dengan kehilangan tersebut, saya memutuskan untuk mengurus semua dokumen-dokumen tersebut satu persatu. Nah, terkhusus untuk mengurus E-KTP yang hilang, berikut saya tuliskan langkah-langkah yang pernah saya lakukan sendiri. 1. Mengurus surat kehilangan dari kepolisian Langkah pertama jelas Anda harus meminta surat kehilangan dari kepolisian terdekat dengan lokasi ke

Contoh Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya sebagai Salah Satu Syarat Lomba

Kita tidak pernah tahu apakah karya yang peserta kirimkan adalah murni karyanya atau bukan. Maka, pihak panitia perlu menyertakan surat atau lembar pernyataan orisinalitas karya. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA       Yang bertandatangan di bawah ini, saya: Nama                                        : Maharani Safia Tempat, Tanggal Lahir            : Bukit Tinggi, 12 Desember 2004 Alamat Tempat Tinggal          : Saruaso Timur, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar Sekolah Asal                            : SMP Al Kahfi HP .                                          : 08 123456789 Judul naskah puisi                    : Menabur Harap   Dengan ini saya menyatakan bahwa Naskah Puisi yang saya sertakan dalam Lomba Tulis dan Baca Puisi LPMP Sumatera Utara Agustus 2020 adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, bukan jiplakan karya orang lain dan belum pernah diikutkan dalam segala bentuk perlombaan serta belum pernah dimuat di manapun.   Apabila di kemudian hari ternyata

Cara Mengurus Sendiri STNK Hilang Tanpa Ribet

Dokumen penting yang melekat pada kendaraan bermotor selain BPKB yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang di terbitkan oleh Pemerintah Daerah bagian Pendapatan dan Perpajakan. Masa berlaku pengesahannya adalah setiap tahun, sedangkan masa berlaku penggantiannya untuk pembaruan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ialah lima tahun sekali. Apabila tidak dibayarkan, maka pengendara dianggap melanggar. STNK menjadi salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor ketika mengendarai di jalan raya. Setiap ada pemeriksaan kepolisian (razia), maka salah satu dokumen yang diminta ialah menunjukkan STNK yang sesuai. Apabila kita tidak dapat menunjukkan, atau masa berlaku STNK habis, atau berbeda nomor, akan dianggap melanggar undang-undang lalu lintas dan dikenakan hukuman berupa denda atau diberi surat tilang. Tentu akan sangat menyita waktu kita jika harus mengurus ke pengadilan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita telah melanggar UU lalu lintas yan