Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Cepat Direspon - Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti mempunyai tempat kerja yang diharapkan. Apalagi dapat bekerja di perusahaan yang diimpikan akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Namun pastinya untuk mendapatkan posisi yang diinginkan akan ada banyak saingan yang siap menjadi batu sandungan.
Dengan kondisi tersebut, agar dapat diterima dan bekerja di perusahaan yang Anda inginkan tentu saja ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh para calon pelamar. Salah satu yang menjadi penting ialah surat lamaran kerja. Dan perlu Anda tahu, banyak perusahaan yang mulai menilai kepribadian dari para pelamar melalui surat lamaran kerja yang dikirimkan.
Sebelumnya, saya kasih gambaran secara umum mengenai bagian-bagian yang ada pada surat lamaran kerja. Bagian-bagian ini harus Anda kuasai betul agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan. Adapun surat lamaran kerja yang baik terdapat 3 bagian :
1. Bagian Pembuka
Pada bagian yang pertama ini berisi tulisan yang menjabarkan sumber informasi yang didapatkan oleh para pelamar didapat darimana saja, apakah dari koran atau saudara. Di bagian ini juga cukup baik untuk Anda mengutarakan keinginan hendak memilih posisi yang mana untuk Anda tempati pada perusahaan tersebut.
2. Bagian Isi atau Uraian
Pada bagian isi atau uraian menjelaskan identitas Anda sebagai pelamar mengenai informasi data diri mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, dan kemampuan apa yang Anda miliki. Sebaiknya gunakan pemilihan kata yang tepat sehingga kalimat yang terbentuk cukup jelas, lugas, dan tepat saat menggambarkan bagaimana diri anda memang bisa.
3. Bagian Penutup
Pada bagian penutup ini berisi ungkapan atau harapan Anda untuk dapat segera direspon dan diproses di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga berikan ucapan terima kasih dan rasa hormat Anda kepada pemimpin perusahaan yang Anda kirimkan surat lamarannya.
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Cepat Direspon
Setelah memahami bagian-bagian penting di atas, kami berikan beberapa tips atau cara membuat surat lamaran kerja agar cepat direspon oleh perusahaan yang diinginkan. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan saat Anda akan membuat surat lamaran kerja.
1. Gunakan bahasa yang baik dan benar
Tak hanya dalam surat lamaran kerja, surat apapun gunakanlah penulisan bahasa yang baik dan benar dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Sebab surat ini merupakan surat resmi dan formal, jangan pernah gunakan bahasa gaul atau bahasa santai sehari-hari apalagi bahasa alay misalnya "Halo gaes, apa kabs? Baik kan? Gue harap sih masih hidup deh yee...". Selain itu jangan pula menggunakan singkatan-singkatan dalam surat lamaran kerja, tulis saja secara jelas dan benar, jangan seperti contoh "Sy lahir di BDG tgl 4 Mar 1990, sy llusan UI. Sy bisa bhs Inggris scra aktif."
Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik di mata HRD
2. Gunakan bahasa dan kalimat yang sopan
Akan jauh lebih baik dan lebih bermakna apabila Anda menunjukkan sikap sopan santun yang Anda miliki dengan surat lamaran pekerjaan yang anda tulis dengan hati-hati. Terlebih lagi jangan ampai Anda menuliskan kalimat yang menimbulkan kesan sombong pada surat yang Anda tulis. Sebab bila Anda melakukannya, maka kepribadian Anda akan tercermin sifat yang sombong dan angkuh, misalnya "Saya memiliki kebiasaan disiplin tinggi, maka saya selalu menggunakan helikopter untuk berngkat ke tempat kerja."
3. Lampirkan semua persyaratan yang diajukan oleh perusahaan
Menulis surat lamaran pekerjaan yang baik juga harus dilengkapi semua persyaratan yang diharuskan oleh perusahaan tersebut. Biasanya berupa fotokopi KTP, fotokopi Ijazah, Surat Pengalaman Kerja, dan lain sebagainya. Jangan sampai ada yang terlewatkan lho ya.
4. Lebih baik bila ditulis tangan secara manual dengan tulisan yang rapi dan bersih
Walaupun di era sekarang semuanya serba canggih serta fasilitas komputer yang memadai, namun sampai kini tak sedikit perusahaan yang lebih menyukai bila calon karyawan yang melamar menggunakan tulisan tangan dengan ballpoint dalam surat lamaran kerjanya. Tentunya kerapian dan kebersihan tulisan Anda dalam menulis surat lamaran kerja ada nilainya tersendiri dari perusahaan terkait.
5. Jika ada, lampirkan sertifikat pendukung surat lamaran kerja
Apabila ada sertifikat pendukung akan lebih baik bila anda menyertakan beberapa sertifikat yang akan mendukung surat lamaran kerja yang akan anda ajukan. Karena jika anda memiliki banyak sertifikat yang mendukung suatu posisi jabatan, maka peluang anda untuk direspon dan diterima akan lebih besar.
Beberapa poin di atas hanya sebagai referensi untuk Anda guna menambah pengetahuan dalam membuat surat lamaran kerja yang bagus. Harap menjadi perhatian ketika akan menulis surat lamaran pekerjaan agar cepat diproses dan segera diterima sebagai karyawan di perusahaan. Jika berniat untuk melamar di perushaan multinasional, maka silakan baca terlebih dahulu cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris sebagai rujukan. Silakan bagikan ke sahabat Anda dan semoga bermanfaat, semoga berhasil.
Komentar
Posting Komentar