Langsung ke konten utama

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja dengan Berbagai Macam Alasan

Cara Membuat Surat Izin Kerja dengan Berbagai Alasan - Dalam beraktivitas sehari-hari, kita tidak bisa memprediksi kapan kita akan sakit atau kapan ada urusan mendesak yang harus segera dituntaskan. Begitu pula ketika kita bekerja, kadangkala ada saatnya kita sakit dan ada hal-hal yang tak bisa kita tinggalkan, sehingga dengan terpaksa kita absen bekerja.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bekerja di sebuah perusahaan apapun tentu saja memiliki tata cara dan prosedur yang harus dipatuhi oleh semua pegawainya. Hal ini juga berlaku saat kita meminta izin untuk tidak masuk kerja. Mungkin saja saat kita sakit ataupun saat ada acara pribadi yang tidak dapat ditinggalkan seperti urus KTP, SIM, atau dokumen lainnya yang tidak bisa diwakilkan. Nah, untuk perusahaan besar biasanya akan meminta sebuah surat izin jika kita berniat untuk tidak masuk kerja atau pun cuti.
surat izin kerja
Namun terkadang masih banyak orang yang bingung bagaimana cara membuat surat permohonan izin tidak masuk kerja yang baik dan tepat. Karena segala yang berkaitan dengan absen kerja juga termasuk hal yang sensitif. Bahkan ada juga yang terkadang takut untuk mengutarakan permohonan izin tersebut. Namun tak perlu khawatir, karena di bawah ini kami akan memberikan tips untuk membuat surat permohonan tidak masuk kerja yang baik dan tepat.

Surat izin yang Anda buat nantinya tidak serta merta sesuai selera atau keinginan Anda. Sebelum Anda membuat surat izin tidak masuk kerja, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membuat surat tersebut, diantaranya:


#Pertama

Hendaknya di dalam surat tersebut kita menyebutkan identitas dan jabatan secara jelas agar atasan atau pimpinan mengetahui siapa yang meminta izin tersebut. Hal tersebut bertujuan agar selama kita izin tidak masuk kerja, pekerjaan yang semula dilakukan kita sementara waktu dapat dialihkan pada pekerja yang lainnya. Hal ini juga agar pimpinan mengenali kita yang meminta izin.

#Kedua

Sebaiknya kita menyebutkan secara jelas dan tepat apa alasan yang membuat kita meminta izin tidak masuk kerja. Perlu kita perhatikan juga ialah alasan yang disebutkan harus benar-benar sesuai dengan keadaan yang terjadi (fakta), logis dan tidak dibuat-buat. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Apabila kita berbohong dengan alasan tersebut dan ketahuan, bisa saja kita diberi izin libur selamanya alias diberhentikan dari pekerjaan kita. Tidak mau kan?

#Ketiga

Yang ketiga masih ada kaitannya dengan alasan tidak masuk kerja. Bila alasan kita tidak masuk kerja karena sakit, maka harus menyertakan pula surat keterangan sakit dari dokter atau dari tempat kita berobat atau dirawat. Hal ini berguna sebagai tanda bukti bahwa kita memang benar-benar sakit dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Surat keterangan dokter juga dapat meyakinkan atasan kita perihal sakit yang kita alami. Dan biasanya dalam surat keterangan dokter juga akan disertakan berapa lama kita harus beristirahat. Hal ini bisa menjadi acuan bagi kita untuk berapa lama meminta izin.

#Keempat

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kita juga perlu untuk menyampaikan waktu yang pasti berapa lama kita meminta izin tersebut. Setelah waktu izin berakhir, kita harus siap untuk masuk dan bekerja kembali. Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, jika kita sakit dan menyertakan surat keterangan dokter, maka biasanya akan ada berapa lama kita akan diminta beristirahat. Sedangkan jika kita tidak masuk kerja karena alasan lainnya, maka sebaiknya perkirakan berapa lama kita akan mengambil cuti. Salah satu tujuannya agar pimpinan kita memiliki acuan berapa lama pekerjaan kita akan dilimpahkan pada karyawan yang lain.

#Kelima

Dan yang pamungkas ialah gunakan kata-kata yang sopan, baik, dan tidak bertele-tele. Akan lebih baik jika surat kita disampaikan dengan lugas dan tepat sasaran.

Setelah membaca kelima poin di atas, sekarang simak contoh surat izin tidak masuk kerja berikut ini yang bisa kita ikuti format penulisannya.

Contoh Format Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja Karena Acara Keluarga #1 :

Klaten, 12 Januari 2017

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Jaya Glass
Jl. Perintis Kemerdekaan No.23 Klaten

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : Muna Aulia Farid
Alamat : Jl. Ampera V, Cluster Gunung Mas Blok B8 No.14 Klaten
Jabatan : Staff Akunting PT. Jaya Glass

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Jumat, 13 Januari 2017 saya tidak bisa masuk kerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Muna Aulia Farid

Contoh Format Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit #2

Magetan, 21 September 2017

Perihal : Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Cipta Grafika
Jl. Mayjen Sutoyo No.88, Magetan

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap : Jahari Susanto
Alamat : Jl. Beringin Barat, No.12A Magetan
Jabatan : Kepala Bagian Sarpras

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter pada Rumah Sakit Sumber Sehat Magetan yang menyatakan bahwa saya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit (rawat inap) selama 4 hari terhitung dari hari ini. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/Ibu pimpin an untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas selama hari tersebut. Sebagai bukti, saya lampirkan hasil pemeriksaan dokter Rumah Sakit Sumber Sehat Magetan pada lembar terpisah.

Demikian permohonan izin yang bisa sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Jahari Susanto

Contoh Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja dalam Gambar

surat izin kerja sakit

Menulis surat izin tidak masuk kerja bisa kamu tulis menggunakan tangan atau diketik menggunakan komputer. Yang terpenting adalah isi tulisannya benar-benar memberikan informasi yang sesuai dengan fakta. Untuk format surat izin kerja ketikan dalam microsoft word silakan download melalui link di bawah ini.
Bagaima sob, mudah kan membuatnya? Saya yakin kamu pasti lebih jago untuk membuatnya. Jadi, demikian cara membuat surat izin tidak masuk kerja yang bisa kita ikuti. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

Siapa yang tak kesal jika seisi dompet berupa E-KTP, SIM, STNK, ATM, Kartu BPJS, dan kartu-kartu lainnya jatuh di jalan entah dimana. Pemikiran sama pada tiap orang, tak mengapa uang di dompetnya hilang namun kembalikan isi dompet berupa dokumen penting ke pemiliknya sering terucap ketika kehilangan terjadi. Namun, harapan hanya sekadar harapan tanpa kenyataan. Semua isi dokumen dan dompetnya entah jatuh di belahan bumi yang mana, sampai orang lain pun tak menemukannya. Hingga 3 hari ditungguin pun tak ada tanda-tanda ada yang menemukan pula. Langkah Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah Alhasil setelah pasrah dan ikhlas dengan kehilangan tersebut, saya memutuskan untuk mengurus semua dokumen-dokumen tersebut satu persatu. Nah, terkhusus untuk mengurus E-KTP yang hilang, berikut saya tuliskan langkah-langkah yang pernah saya lakukan sendiri. 1. Mengurus surat kehilangan dari kepolisian Langkah pertama jelas Anda harus meminta surat kehilangan dari kepolisian terdekat dengan lokasi ke

Contoh Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya sebagai Salah Satu Syarat Lomba

Kita tidak pernah tahu apakah karya yang peserta kirimkan adalah murni karyanya atau bukan. Maka, pihak panitia perlu menyertakan surat atau lembar pernyataan orisinalitas karya. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA       Yang bertandatangan di bawah ini, saya: Nama                                        : Maharani Safia Tempat, Tanggal Lahir            : Bukit Tinggi, 12 Desember 2004 Alamat Tempat Tinggal          : Saruaso Timur, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar Sekolah Asal                            : SMP Al Kahfi HP .                                          : 08 123456789 Judul naskah puisi                    : Menabur Harap   Dengan ini saya menyatakan bahwa Naskah Puisi yang saya sertakan dalam Lomba Tulis dan Baca Puisi LPMP Sumatera Utara Agustus 2020 adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, bukan jiplakan karya orang lain dan belum pernah diikutkan dalam segala bentuk perlombaan serta belum pernah dimuat di manapun.   Apabila di kemudian hari ternyata

Cara Mengurus Sendiri STNK Hilang Tanpa Ribet

Dokumen penting yang melekat pada kendaraan bermotor selain BPKB yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang di terbitkan oleh Pemerintah Daerah bagian Pendapatan dan Perpajakan. Masa berlaku pengesahannya adalah setiap tahun, sedangkan masa berlaku penggantiannya untuk pembaruan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ialah lima tahun sekali. Apabila tidak dibayarkan, maka pengendara dianggap melanggar. STNK menjadi salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor ketika mengendarai di jalan raya. Setiap ada pemeriksaan kepolisian (razia), maka salah satu dokumen yang diminta ialah menunjukkan STNK yang sesuai. Apabila kita tidak dapat menunjukkan, atau masa berlaku STNK habis, atau berbeda nomor, akan dianggap melanggar undang-undang lalu lintas dan dikenakan hukuman berupa denda atau diberi surat tilang. Tentu akan sangat menyita waktu kita jika harus mengurus ke pengadilan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita telah melanggar UU lalu lintas yan