Langsung ke konten utama

Contoh Surat Peminjaman Uang ke Perusahaan Lengkap

Contoh Surat Peminjaman Uang ke Perusahaan Lengkap - Sebagai salah satu seorang karyawan ada kalanya kita membutuhkan dana tak terduga yang bisa saja menguras penghasilan bulanan kita. Misal tiba-tiba pintu rumah rusak, sepeda motor harus segera diservis, anak akan pergi study tour, dan lain sebagainya. Alhasil kekurangan dana pun membuat kita pusing tujuh keliling dibuatnya. 

Salah satu solusi biasanya kita akan meminjam uang ke saudara atau kerabat bahkan teman dekat. Tentunya agar kita tidak terhindar dari riba jika kita meminjam ke Bank atau Koperasi. Namun biasanya merekapun sedang sama-sama kesusuahan, sehingga apa mau dikata, kita harus putar otak untuk segera mendapatkannya.
Maka salah satu cara efektif untuk mendapatkan uang dengan meminjam tanpa rasa cemas, ialah dengan meminjam ke perusahaan tempat kita bekerja. Yang mana jaminannya bisa dengan hanya memotong gaji kita setiap bulannya. Tentu ini menjadi hal yang cukup baik, mengingat keterbatasan kita dalam hal melunasinya.

Namun, kegiatan meminjam uang bukan sebuah kegiatan yang main-main. Mengingat uang merupakan salah satu barang berharga yang diinginkan banyak orang. Dengan demikian ketika melakukan kegiatan peminjaman uang harus dibuat surat peminjaman uang yang dapat digunakan sebagai penjelas siapa yang meminjam, jumlah uang yang dipinjam, orang yang meminjamkan, batas pengembalian dan juga barang sebagai jaminan. Untuk lebih rincinya bisa di lihat pada contoh surat peminjaman uang di bawah ini.

Cara Membuat Surat Peminjaman Uang Ke Perusahaan yang Tepat

Jika kita akan melakukan kegiatan peminjaman uang atau pun orang yang meminjami uang, tentunya harus mengerti akan contoh surat peminjaman uang. Dengan demikian akan terjadi kejelasan diantara kedua belah pihak melalui surat peminjaman uang yang dibuat. Dengan kata lain surat yang akan dibuat ini bisa menjadi alat bukti yang sah bagi kedua belah pihak. Nah, untuk lebih jelasnya kita bisa menyimak contoh surat peminjaman uang berikut ini.

Contoh Surat Peminjaman Uang ke Perusahaan #1

Klaten, 05 Agustus 2015


Kepada Yth.
Bagian Kepegawaian YPAI
Bapak Hasan Ghazali, S.E.

Di Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpah kepada Rasulullah SAW beserta keluarga dan pengikutnya. Aamiin.

Sehubungan dengan keperluan biaya masuk sekolah anak pertama saya, maka saya bermaksud meminjam sejumlah uang sebesar Rp. 5.000.000. Dan untuk mengembalikan peminjaman tersebut, saya bersedia untuk dipotong gaji sebesar Rp. 250.000 tiap bulannya.

Demikian pengajuan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat saya,



Nur Andrianto

Contoh Surat Peminjaman Uang ke Perusahaan #2


Cirebon, 24 Oktober 2016

Kepada Yth.:
Kepala Divisi Keuangan
Bapak Hadi Wibowo, S.E.
PT. Galuh Sutera
Jl. Flamboyan VI No.21 Cirebon

Dengan hormat,
Dengan ini saya:
Nama : Kalam Falahi
No. KTP : 12345678890111
Jabatan : Staf Gudang
Alamat : Jl. Kebon Agung No.11 Cirebon Timur

Bermaksud mengajukan permohonan pinjaman uang kepada perusahaan sebesar Rp 10.000.000,- yang akan saya gunakan untuk membayar renovasi rumah saya yang belum lama rusak terkena angin puting beliung. Adapun besarnya angsuran pembayaran yang mampu saya lakukan ialah sebesar Rp 500.000,- dengan cara potong gaji tiap bulannya sehingga pinjaman saya akan lunas dalam 20 bulan.

Sebagai informasi, bahwa saat ini saya sedang tidak ada pinjaman di tempat lain, baik pinjaman dari dalam area perusahaan ataupun diluar area perusahaan sehingga saya sangat yakin bahwa saya mampu melakukan angsuran pembayaran  dengan tertib dan pinjaman saya akan lunas tepat pada waktunya.

Demikian surat permohonan pinjaman ini saya buat, mohon untuk dapat dipertimbangkan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan banyak terima aksih.

Hormat saya,




Kalam Falahi

Contoh Surat Peminjaman Uang ke Perusahaan Lengkap
Jika tak ingin mengetik ulang contoh surat peminjaman yang di atas, silakan download saja file berupa microsoft word melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

Meskipun pelaku dari surat peminjaman uang tersebut hanya dilakukan oleh perorangan bukan sebuah lembaga atau instansi, namun surat tersebut juga mempunyai kekuatan yang sah. Dimana contoh surat peminjaman uang diatas bersifat fleksibel atau tidak kaku. Dengan kata lain, surat di atas bisa di ikuti pada bagian format dan tata cara penyusunannya. Selain itu mengingat surat tersebut bersifat resmi, tentunya bahasa dan pemilihan katanya pun harus tepat.


Nah itulah surat yang dibuat sebagai bukti peminjaman uang yang resmi. Tentunya surat tersebut bisa menjadi panduan kita dalam melakukan kerjasama dalam hal keuangan. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

Siapa yang tak kesal jika seisi dompet berupa E-KTP, SIM, STNK, ATM, Kartu BPJS, dan kartu-kartu lainnya jatuh di jalan entah dimana. Pemikiran sama pada tiap orang, tak mengapa uang di dompetnya hilang namun kembalikan isi dompet berupa dokumen penting ke pemiliknya sering terucap ketika kehilangan terjadi. Namun, harapan hanya sekadar harapan tanpa kenyataan. Semua isi dokumen dan dompetnya entah jatuh di belahan bumi yang mana, sampai orang lain pun tak menemukannya. Hingga 3 hari ditungguin pun tak ada tanda-tanda ada yang menemukan pula. Langkah Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah Alhasil setelah pasrah dan ikhlas dengan kehilangan tersebut, saya memutuskan untuk mengurus semua dokumen-dokumen tersebut satu persatu. Nah, terkhusus untuk mengurus E-KTP yang hilang, berikut saya tuliskan langkah-langkah yang pernah saya lakukan sendiri. 1. Mengurus surat kehilangan dari kepolisian Langkah pertama jelas Anda harus meminta surat kehilangan dari kepolisian terdekat dengan lokasi ke

Contoh Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya sebagai Salah Satu Syarat Lomba

Kita tidak pernah tahu apakah karya yang peserta kirimkan adalah murni karyanya atau bukan. Maka, pihak panitia perlu menyertakan surat atau lembar pernyataan orisinalitas karya. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA       Yang bertandatangan di bawah ini, saya: Nama                                        : Maharani Safia Tempat, Tanggal Lahir            : Bukit Tinggi, 12 Desember 2004 Alamat Tempat Tinggal          : Saruaso Timur, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar Sekolah Asal                            : SMP Al Kahfi HP .                                          : 08 123456789 Judul naskah puisi                    : Menabur Harap   Dengan ini saya menyatakan bahwa Naskah Puisi yang saya sertakan dalam Lomba Tulis dan Baca Puisi LPMP Sumatera Utara Agustus 2020 adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, bukan jiplakan karya orang lain dan belum pernah diikutkan dalam segala bentuk perlombaan serta belum pernah dimuat di manapun.   Apabila di kemudian hari ternyata

Cara Mengurus Sendiri STNK Hilang Tanpa Ribet

Dokumen penting yang melekat pada kendaraan bermotor selain BPKB yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang di terbitkan oleh Pemerintah Daerah bagian Pendapatan dan Perpajakan. Masa berlaku pengesahannya adalah setiap tahun, sedangkan masa berlaku penggantiannya untuk pembaruan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ialah lima tahun sekali. Apabila tidak dibayarkan, maka pengendara dianggap melanggar. STNK menjadi salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor ketika mengendarai di jalan raya. Setiap ada pemeriksaan kepolisian (razia), maka salah satu dokumen yang diminta ialah menunjukkan STNK yang sesuai. Apabila kita tidak dapat menunjukkan, atau masa berlaku STNK habis, atau berbeda nomor, akan dianggap melanggar undang-undang lalu lintas dan dikenakan hukuman berupa denda atau diberi surat tilang. Tentu akan sangat menyita waktu kita jika harus mengurus ke pengadilan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita telah melanggar UU lalu lintas yan