Langsung ke konten utama

Contoh Format Surat Resign yang Baik dan Benar

Dalam dunia kerja pastilah ada suka dan duka yang dialami oleh setiap orang saat bekerja. Setiap orang berbeda-beda dalam menjalani dunia kerja saat mengalami perselisihan ataupun putus asa. Rasa lelah dan bosan dalam menjalani pekerjaan sekarang akan membuat anda ingin mengundurkan diri dan mencari pekerjaan yang lebih baik. Untuk surat pengunduran diri haruslah dengan cara yang baik agar dapat dipahami dan dengan cara sopan. Dalam artikel ini nantinya akan dibahas mengenai contoh surat resign yang baikTips membuat surat resign yang baik dan sopan adalah dengan menggunakan tata bahasa yang benar dan baik.

Contoh-Surat-Resign-Yang-Baik

Bagian-bagian pembuatan surat resign yaitu waktu, yakni waktu pembuatan surat resign, harus ditulis dengan format lengkap dan ditulis menggunakan huruf, bukan angka. Selanjutnya yaitu head line, yakni judul surat yang anda buat, yang ditulis dengan huruf tebal dan font besar, serta penulisannya langsung mengarahkan pada maksud surat tersebut. Bagian selanjutnya, orang yang ditujukan dalam surat. Dalam penunjukan surat resign tersebut jangan sampai salah ataupun kelewatan, karena hal tersebut akan mengakibatkan surat anda tidak direspon. Kemudian berikanlah penjelasan atau alasan yang jujur penyebab resign yang anda lakukan. Dan terakhir, ucapkanlah rasa terima kasih anda atas kerja sama yang diberikan dan agar hubungan anda dengan pihak tempat anda bekerja dapat terjalin dengan baik.


Untuk sampel cara pembuatan surat resign juga harus sopan dan jelas agar dapat dipahami. Hal terpenting untuk pembuatan surat resign yaitu surat tersebut harus memiliki isi dan alasan yang ringkas, padat dan jelas, serta jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh surat resign yang baik.

Contoh Format Surat Resign yang Baik


Semarang, 25 Januari 2016

Kepada
Yth. Manager HRD

PT Satria One Sejahtera
Jl. Elang 45 Semarang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Agus Salim, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Satria One Sejahtera sebagai karyawan terhitung sejak tanggal 25 januari 2015.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Satria One Sejahtera, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Satria One Sejahtera jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu PT Satria One Sejahtera dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat saya,



Agus Salim

Faktor yang membuat seseorang memutuskan resign banyak sekali, dan agar faktor tersebut dapat diterima oleh pihak tempat anda bekerja, anda haruslah membuat surat resign tentunya dengan cara yang baik. Surat resignnantinya akan berguna bagi anda dan pihak atasan maupun karyawan untuk menjalin hubungan yang baik walaupun tidak bersama-sama.

Itulah contoh surat resign yang baik. Semoga dengan adanya contoh tersebut dapat menambah referensi anda untuk membuat surat resign.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat

Siapa yang tak kesal jika seisi dompet berupa E-KTP, SIM, STNK, ATM, Kartu BPJS, dan kartu-kartu lainnya jatuh di jalan entah dimana. Pemikiran sama pada tiap orang, tak mengapa uang di dompetnya hilang namun kembalikan isi dompet berupa dokumen penting ke pemiliknya sering terucap ketika kehilangan terjadi. Namun, harapan hanya sekadar harapan tanpa kenyataan. Semua isi dokumen dan dompetnya entah jatuh di belahan bumi yang mana, sampai orang lain pun tak menemukannya. Hingga 3 hari ditungguin pun tak ada tanda-tanda ada yang menemukan pula. Langkah Mengurus E-KTP yang Hilang dengan Mudah Alhasil setelah pasrah dan ikhlas dengan kehilangan tersebut, saya memutuskan untuk mengurus semua dokumen-dokumen tersebut satu persatu. Nah, terkhusus untuk mengurus E-KTP yang hilang, berikut saya tuliskan langkah-langkah yang pernah saya lakukan sendiri. 1. Mengurus surat kehilangan dari kepolisian Langkah pertama jelas Anda harus meminta surat kehilangan dari kepolisian terdekat dengan lokasi ke

Contoh Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya sebagai Salah Satu Syarat Lomba

Kita tidak pernah tahu apakah karya yang peserta kirimkan adalah murni karyanya atau bukan. Maka, pihak panitia perlu menyertakan surat atau lembar pernyataan orisinalitas karya. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA       Yang bertandatangan di bawah ini, saya: Nama                                        : Maharani Safia Tempat, Tanggal Lahir            : Bukit Tinggi, 12 Desember 2004 Alamat Tempat Tinggal          : Saruaso Timur, Kec. Tanjung Emas, Kab. Tanah Datar Sekolah Asal                            : SMP Al Kahfi HP .                                          : 08 123456789 Judul naskah puisi                    : Menabur Harap   Dengan ini saya menyatakan bahwa Naskah Puisi yang saya sertakan dalam Lomba Tulis dan Baca Puisi LPMP Sumatera Utara Agustus 2020 adalah benar-benar hasil karya saya sendiri, bukan jiplakan karya orang lain dan belum pernah diikutkan dalam segala bentuk perlombaan serta belum pernah dimuat di manapun.   Apabila di kemudian hari ternyata

Cara Mengurus Sendiri STNK Hilang Tanpa Ribet

Dokumen penting yang melekat pada kendaraan bermotor selain BPKB yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang di terbitkan oleh Pemerintah Daerah bagian Pendapatan dan Perpajakan. Masa berlaku pengesahannya adalah setiap tahun, sedangkan masa berlaku penggantiannya untuk pembaruan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ialah lima tahun sekali. Apabila tidak dibayarkan, maka pengendara dianggap melanggar. STNK menjadi salah satu syarat wajib yang dimiliki oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor ketika mengendarai di jalan raya. Setiap ada pemeriksaan kepolisian (razia), maka salah satu dokumen yang diminta ialah menunjukkan STNK yang sesuai. Apabila kita tidak dapat menunjukkan, atau masa berlaku STNK habis, atau berbeda nomor, akan dianggap melanggar undang-undang lalu lintas dan dikenakan hukuman berupa denda atau diberi surat tilang. Tentu akan sangat menyita waktu kita jika harus mengurus ke pengadilan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita telah melanggar UU lalu lintas yan